Berkas Administrasi Kandidat Bupati Dikembalikan

Wamena – Berkas administrasi seluruh calon atau kandidat bupati dan wakil bupati Kabupaten Jayawijaya, Sabtu (28/6) kemarin resmi dikembalikan KPUD Jayawijaya. Pencabutan itu dilakukan KPUD, dengan melakukan pertemuan antara pihak KPUD dan tim sukses seluruh kandidat bupati dan wakil bupati Kabupaten Jayawijaya periode 2008-2013 serta pimpinan partai politik pendukung para calon bipati dan wakil bupati. Bertempat di ruang pertemuan Kantor Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Jayawijaya, Ketua KPUD Jayawijaya, Andreas Duwiri didampingi kedua anggotanya, Maury dan Yosephin Hubi, resmi mengembalikan seluruh berkas administrasi kandidat Bupati dan wakil bupati Jaawijaya, kepada tim sukses kandidat bupati dan wakil bupati juga kepada pimpinan partai politik pendukung.

Sumber: Papuapos

Ketua KPUD Kabupaten Jayawijaya, Andreas Duwiri diharapkan kepada setiap partai politik yang mengusung para kandidat agar dalam melakukan usungan kiranya hanya memilih salah satu kandidat saja, dimana untuk menghindari penggandaan dukungan pasangan calon bupati dan wakil bupati antara satu partai dengan lainnya.


Dikatakan, mengenai jadwal tahapan Pilkada yang baru, KPUD akan menyampaikan penetapannya pada Selasa (1/7) besok setelah anggota KPUD melakukan rapat pleno Senin (30/6) hari ini. Sedangkan dalam pertemuan Selasa besok, KPUD kembali akan mengundang seluruh pimpinan parpol dan simpatisan pendukung balon bupati dan wakil bupati, guna membicarakan tahapan pilkada sesuai dengan UU nomor 12 tahun 2008 yang sudah direvisi terhadap UU nomor 32 tahun 2004 tentang pemerintahan daerah.

Disamping itu Andreas menekankan, kiranya tim sukses dan seluruh partai politik pengusung kandidat harus menggunakan rambu-rambu yang berlaku dalam pemilihan umum bagi kepala daerah dan wakil kepala daerah, apalagi dengan turunnya Undang-Undang nomor 12 yang merupakan revisi Undang-Undang nomor 32 tentang pemerintah daerah dalam pemilihan bupati dan wakil bupati.

Sementara anggota KPUD lainnya, Yosepina Hubi menjelaskan, bahwa penetapan jadwal pilkada untuk daerah Jayawijaya yang akan dirapatkan hari ini, akan membicarakan pula termasuk penjelasan persyaratan bagi balon bupati dari Independen, setelah itu, hasilnya akan diserahkan ke DPRD Jayawijaya untuk ditetapkan.

Hubi menambahkan, tahapan verifikasi ini meliputi tiga tahap, dimana tahap pertama saat pengajuan berkas oleh kandidat ke pihak KPUD ada yang kurang langsung dikembalikan untuk dilengkapi, tahap kedua proses pemberkasan yang memakan waktu selama 7 hari, pihak KPUD melakukan pemeriksaan kembali dan tahap ketiga bila berkasnya lengkap kemudian diagendakan dan selanjutnya akan diumumkan pasangan balon yang lolos masa verifikasi.**

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: