Supiori Bangun Pembangkit Listrik

BIAK (Kamasanpost)- Seringnya terjadi pemadaman listrik di tiap wilayah di Indonesia ini, padahal di era globalisasi ini listrik telah bereser menjadi kebutuhan primer.

Sehingga Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Supiori mempersiapkan pembangunan jaringan pembangkit listrik tenaga mikro hidro (PLTHM) dengan memanfaatkan air sungai Wakdori, di Distrik Supiori Utara.

Bupati Kabupaten Supiori, Drs Jules F.Warikar mengatakan, rencana pembangunan satu unit PLTHM untuk mensuplai listrik berkekuatan 80 megawatt telah selesai disurvei pemerintah.

“Jika pembangunan pembangkit listrik terealisasi maka kedepan bisa memenuhi kebutuhan listrik bagi penduduk di sejumlah kampung,” ungkap Bupati Warikar, , Kamis (7/8) kemarin.

Ia mengakui, listrik merupakan salah satu prioritas kebutuhan warga masyarakat sejak kabupaten Supiori resmi dimekarkan berdasarkan Undang-Undang No 35 tahun 2003.

Upaya pemerintah daerah dalam menjawab kebutuhan listrik, lanjut Bupati Warikar, sudah diprogramkan dalam beberapa tahun mendatang dan diharapkan terealisasi dengan baik.

Menyinggung besaran kebutuhan dana membangun pembangkit listrik tenaga mikro hidro,menurut Bupati Supiori, pihaknya belum dapat memastikan karena sedang dalam proses penyelesaian akhir kegiatan survey yang melibatkan instansi terkait.

Selain potensi sungai Wakdori, lanjutnya, Pemkab Supiori juga akan memanfaatkan potensi air sungai Wafori dan sungai Masrip yang dapat dikelola menjadi pembangkit listrik.

“Listrik menjadi salah satu kebutuhan dasar bagi masyarakat di Kabupaten Supirori,” ujarnya.(ant/feri)

Sumber: Papuapos

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: